Begini Cara Merawat Rumah yang Mudah

Kita semua sepakat bahwa kenyamanan rumah salah satunya sangat bergantung pada aspek kebersihan. Rumah yang tidak dibersihkan atau dirawat sebagaimana mestinya, tidak hanya akan membuat tampilannya terlihat kotor tapi juga akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

cara merawat rumah
photo : pexels
Padahal rumah seharusnya bisa jadi tempat dimana kita bisa merasa nyaman, baik untuk beristirahat maupun menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Untuk itu Anda perlu ketahui cara merawat rumah yang mudah agar bisa mendapat hunian yang sehat sekaligus nyaman untuk ditempati.

Segera atasi aroma tak sedap dan kotoran

Umumnya bau tak sedap di rumah timbul karena sampah yang dibiarkan selama beberapa hari, bau kotoran hewan peliharaan atau ruang lembab.

Kalau tak segera diatasi, aroma tak sedap ini bisa menempel ke dinding, karpet dan lain sebagainya, sehingga akan lebih sulit dihilangkan. 

Cara merawat rumah dalam hal ini, Anda cukup membuka jendela setiap ruangan secara rutin, sehingga sirkulasi udara berjalan baik. 

Dengan begini, selain bau tak sedap seperti contoh di atas, tapi aroma yang ditimbulkan dari kegiatan sehari-hari seperti merokok ataupun memasak juga bisa berganti dengan udara segar. 

Lalu kalau ada titik yang jadi sumber aroma menyengat, segera atasi dengan membuangnya, atau membersihkannya menggunakan sabun. Kalau rumah Anda dilengkapi pendingin ruangan, pastikan juga bahwa filternya dibersihkan secara rutin. 

Mengecat ulang dinding juga jadi bagian dari cara merawat rumah, khususnya dalam menghilangkan bau.

Dengan mengecat ulang dinding, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap yang berasal dari dinding, baik karena kondisinya yang selalu lembab atau pun karena berbagai aroma yang menempel di dinding dan dibiarkan dalam waktu lama.

Selain menghilangkan aroma, cara merawat rumah lainnya adalah membersihkan setiap permukaan di rumah agar bebas dari kotoran seperti debu. 

Menggunakan penyedot debu juga bisa jadi salah satu cara yang paling efektif, atau Anda bisa pula menggunakan kain dengan permukaan halus yang dibasahi lalu diberi sabun.

Lakukan secara berkala 

Cara merawat rumah yang perlu Anda terapkan adalah dengan melakukannya secara berkala agar kebersihannya terkontrol dengan baik.

Dalam hal ini, selain membersihkan bagian dalam rumah, jangan lupakan bagian luar juga, agar rumah bersih secara menyeluruh.

Kelebihan dari cara merawat rumah seperti ini adalah tidak terasa berat. Kadang yang membuat sebagian besar orang malas melakukan perawatan pada rumahnya, karena dirasa berat dan merepotkan.

Cara merawat rumah berkala bisa dilakukan dengan membaginya ke dalam kegiatan harian, mingguan dan bulanan. 

Misalnya dalam keseharian Anda bisa melakukan perawatan berupa menyapu, mencuci piring, membersihkan tempat tidur, membuang sampah, terutama sampah sisa makanan yang bisa jadi salah satu sumber aroma tak sedap.

Ada juga aktivitas yang bisa Anda lakukan seminggu sekali, misalnya saja saat libur atau weekend seperti membersihkan kamar mandi, mengganti seprei, mengelap kaca atau cermin. 

Sementara kegiatan yang bisa Anda lakukan bulanan adalah membersihkan lemari dapur, membersihkan taman atau menata kembali ruangan di rumah agar terasa lebih fresh.

Coba berbagai tips yang memudahkan

Mencoba berbagai tips kebersihan bisa jadi cara merawat rumah yang mudah dan belum banyak orang ketahui. 

Misalnya bagi Anda yang huniannya memiliki lantai kayu pasti tahu bahwa bahan satu ini mudah lembab sehingga kotoran juga gampang menempel. 

Cara mudah membersihkannya, selain rajin menyapu dan menyedot debunya, juga bisa memakai lap pel kering. Sementara untuk perawatan jangka panjang gunakan campuran pembersih khusus lantai kayu dan air hangat.

Salah satu bagian rumah yang juga harus dibersihkan secara rutin adalah kamar mandi, dimana bagian dinding biasanya terlihat lebih gampang kotor.

Salah satu cara mudah membersihkannya adalah dengan menggunakan cuka putih yang disemprotkan ke dinding, kemudian siram dengan air panas sambil digosok lalu dibilas hingga bersih.

Tak hanya rumah dan bagian-bagiannya, alat-alat yang sering digunakan untuk membersihkan juga perlu dirawat, karena barang yang gampang kotor bisa jadi sumber perkembangan bakteri dan akhirnya menimbulkan bau tak sedap. 

Setelah digunakan, sebaiknya segera bersihkan kain lap dan jemur hingga kering. Begitu juga dengan spons, dimana cara membersihkannya cukup gampang yakni direndam menggunakan air panas yang dicampur sabun pembersih lalu keringkan.

My Instagram