Tips Mudah untuk Renovasi Rumah Murah

Memiliki hunian yang nyaman salah satunya bisa didapat dengan melakukan renovasi. Namun biasanya kegiatan merenovasi juga tidak memakan biaya sedikit, bahkan jika kita kurang cermat, biaya renovasi bisa hampir menyamai harga beli rumah itu sendiri. Karena itu tak heran banyak yang ingin bisa melakukan renovasi rumah murah.

renovasi rumah murah
photo : pexels

Jika Anda ingin bisa memenuhi kebutuhan akan rumah nyaman dengan harga terjangkau, maka dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum renovasi. Selain faktor kenyamanan, alasan renovasi lainnya juga bisa sebagai bentuk pemeliharaan, penambahan, atau ingin mendapatkan keamanan lebih.

Untuk bisa mendapat hasil terbaik dengan melakukan renovasi rumah murah, Anda perlu menghindari beberapa hal berikut:

Membeli material murah yang (cenderung) tidak berkualitas

Ini mungkin pilihan yang paling banyak diambil oleh mereka yang ingin renovasi rumah murah. Namun yang paling penting sebenarnya adalah membandingkan harga dengan kualitasnya.

Karena percuma saja jika kemudian hasil yang diperoleh jadi tidak memuaskan, atau parahnya Anda harus renovasi ulang dalam waktu dekat, yang berarti akan memakan biaya lebih besar, dibanding jika sejak awal Anda membeli material yang berkualitas.

Solusinya, Anda tidak perlu membeli baru jika memiliki material bekas renovasi sebelumnya, selama kondisinya masih bagus. Gunakan saja material tersebut yang biasanya berupa kusen pintu atau jendela. Dengan sedikit polesan, material ini bisa terlihat menarik dan layak pakai lagi.

Atau kalau Anda memang tidak memiliki material bekas, saat ini juga sudah banyak toko bangunan yang menjual bahan bekas yang masih layak pakai.

Tapi, jika Anda tetap ingin membeli material dalam kondisi baru, pilihan lainnya adalah mencari toko atau supermarket bahan bangunan yang sedang mengadakan diskon.

Perhitungan yang salah dan persiapan yang tidak matang

Jika ingin renovasi rumah murah, harus diketahui bahwa perbedaan ukuran sedikit saja dapat memberikan perubahan yang signifikan. Oleh karena itu Anda butuh tenaga yang ahli dalam melakukan penghitungan dan pengukuran.

Untuk persiapan yang matang, bisa meliputi perencanaan konsep yang diinginkan, lalu perhitungan biaya, pemilihan bahan yang sesuai dan antisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dengan membuat rencana cadangan. Langkah ini tanpa disadari tak hanya bisa menghemat biaya, tapi juga bisa menghemat waktu.


Menggunakan bahan dan tenaga yang salah

Hal ini juga harus dipertimbangkan dengan cermat saat ingin renovasi rumah murah. Misalnya saja pemilihan cat.

Karena warna dari sebuah rumah bisa menjadi kesan pertama yang akan ditimbulkan, jadi memilih cat juga tidak boleh sembarangan. Perhatikan mulai dari warna hingga kualitas cat itu sendiri, sehingga Anda tidak perlu lagi mengganti cat dalam waktu dekat.

Sementara tenaga yang tidak tepat juga sangat berpengaruh pada proses pengerjaan dan hasil yang diperoleh.

Jadi pilihlah tenaga yang sudah direkomendasikan, dalam hal ini tidak hanya ahli dalam mengerjakan pekerjaannya, tapi juga bagus dalam berkomunikasi, karena ini penting untuk membentuk pemahaman bersama mengenai hasil akhir yang Anda inginkan.

***

Selain hal-hal yang dihindari, selanjutnya ini beberapa hal penting yang justru banyak dilewatkan oleh mereka yang ingin melakukan renovasi rumah murah:

Karakteristik lahan dan lingkungan

Mengetahui struktur lahan serta kondisi iklim tentunya akan berpengaruh pada bahan dan bentuk bangunan yang akan Anda buat.

Selain itu juga perlu mengetahui karakteristik lingkungan, termasuk faktor-faktor seperti kebisingan, atau bentuk bangunan yang akan menghalangi pemandangan sekitar.

Gaya hidup

Ini pun perlu diperhatikan dalam renovasi rumah murah, karena desain yang mendukung gaya hidup akan membuat hunian terasa jauh lebih nyaman.

Tahan lama

Dalam hal ini tidak hanya memilih material yang berkualitas agar tidak cepat rusak, tapi juga desain yang tahan lama dan bisa “terpakai” sampai beberapa tahun ke depan sehingga Anda tidak perlu renovasi lagi dalam waktu dekat.


Prioritas

Jika ingin melakukan renovasi rumah murah di beberapa titik, maka perhitungkan kemampuan finansial Anda.

Jangan memaksakan renovasi sekaligus, karena tidak ada salahnya Anda membuat prioritas. Dengan begini keuangan Anda tidak terganggu dan renovasi tetap bisa berjalan meskipun harus bertahap.


Kreatif 

Renovasi rumah murah bisa mendatangkan hasil maksimal jika Anda juga kreatif. Dengan dana yang ada, Anda bisa berkreasi untuk membuat dekorasi dari barang-barang yang ada atau yang terjangkau, untuk tampilan rumah yang jauh lebih menarik.

My Instagram