3 Inspirasi Renovasi Taman dalam Rumah

Umumnya taman berada  di halaman depan atau belakang rumah. Namun bagaimana jika tidak ada lahan yang cukup? 

Tenang saja, karena Anda tetap bisa membangun taman di area terbatas, bahkan di dalam rumah!

Taman indoor bisa memberikan sentuhan instan untuk mempercantik tampilan rumah. Selain itu, rumah bisa jadi lebih segar dan asri. 

Apalagi, kehadiran tanaman bisa membuat sirkulasi udara dalam rumah jadi lebih lancar, sehingga menciptakan lingkungan yang sehat bagi Anda sekeluarga.

Untuk Anda yang sudah memiliki taman dalam rumah dan ingin melakukan renovasi, tak perlu biaya besar untuk mendapatkan taman yang menarik. Karena Anda bisa contek beberapa inspirasi berikut:

1. Renovasi taman dalam rumah dengan bentuk vertikal

renovasi taman dalam rumah
photo : google images

Ini termasuk bentuk taman yang paling minim lahan. Karena Anda bahkan bisa menggunakan area dinding yang ditata sedemikian rupa.

Taman vertikal bisa jadi solusi untuk yang ingin menghadirkan nuansa hijau ke dalam ruangan tanpa harus mengambil banyak tempat.

Di sini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan taman vertikal. 

Dengan menggunakan pot yang digantung atau dibuat menjajar di dinding hingga menggunakan tanaman rambat.

Selain memilih pot dengan bentuk yang unik agar terlihat menarik, jangan lupa untuk memilih yang ukurannya kecil agar hemat tempat.

Atau Anda juga bisa coba terrarium, yakni seni menanam tanaman dalam wadah transparan, dimana berbagai ekologi tanaman bisa dibuat dalam ruangan yang relatif kecil.

Jenis tanaman untuk taman ini pun bisa Anda coba berbagai macam, mulai dari bunga yang berwarna menarik untuk membangkitkan semangat, tanaman hijau yang menyegarkan, hingga tanaman yang tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra seperti kaktus.

2. Renovasi taman dalam rumah ala Jepang

renovasi taman dalam rumah
photo : google images

Kalau Anda malas dengan perawatan yang kompleks, bisa renovasi taman dalam rumah dengan model satu ini.

Taman pasir ala zen bisa jadi solusi karena minim perawatan tapi tetap bisa terlihat menarik.

Sesuai namanya, bahan utama yang digunakan di sini adalah pasir atau kerikil, dilengkapi batu-batu taman, dan kadang juga bisa menggunakan elemen kayu dan bambu.

Tapi tentu saja bukan hanya itu, dimana taman zen juga menghadirkan unsur hijau, baik yang berasal dari rumput, semak maupun tanaman-tanaman lainnya. Kalau memungkinkan masukan juga hiasan seperti kolam kecil.

Daya tarik zen garden adalah seni dari peletakan berbagai elemen yang sangat harmonis, sehingga kesan tenang bisa terasa dengan melihat taman ini.

Anda bisa manfaatkan ruang di sudut rumah atau bahkan yang ada di tengah dalam untuk membuat zen garden. Yang jelas, pencahayaan juga berperan penting di sini, jadi sebaiknya buat taman ini di area rumah yang mendapat sinar matahari.

3. Renovasi taman dalam rumah dengan memakai area bawah tangga

renovasi taman dalam rumah
photo : google images

Dalam rumah minimalis, kehadiran tangga lebih dari sekedar elemen fungsional, tapi juga jadi elemen dekoratif.

Selain bentuk yang unik dari tangga itu sendiri, keunikan tangga juga bisa diperoleh dengan membuat taman di bawah tangga.

Anda bisa membuat taman yang dihiasi bebatuan berwarna putih seperti di pantai, atau tanam pohon dengan ukuran sedang, rumput hingga juga bisa menambahkan kolam untuk mempercantik dan membuat suasana kian sejuk.

Beri juga dekorasi dengan memasang lampu hias berukuran kecil sehingga memberikan efek yang menawan saat dinyalakan pada malam hari.
Untuk memberi kesan yang lebih lapang, usahakan membuat tangga dengan pegangan dari kaca atau elemen yang transparan. 


Melakukan renovasi taman dalam rumah mungkin bisa saja terasa kompleks, tapi sebenarnya bisa dilakukan dengan inspirasi sederhana seperti di atas. Tak hanya bisa memberikan keindahan dalam rumah, kehadiran taman juga bisa jadi tempat yang seru untuk beraktivitas dan berkumpul dengan anggota keluarga.

My Instagram