5 Tips Unik di Rumah yang Mempermudah Kegiatan Bersih-Bersih

Hunian yang bersih jadi salah satu faktor yang menentukan kenyamanan kita di rumah. 

Sayangnya, kegiatan membersihkan rumah mungkin bagi sebagian besar orang jadi aktivitas yang tidak menyenangkan karena dianggap kompleks dan terasa berat. 

Padahal jika pengerjaannya tidak ditumpuk dalam satu waktu, tentu akan jauh lebih mudah. Apalagi kalau Anda mempraktikkan sejumlah tips unik di rumah yang akan makin memudahkan kegiatan bersih-bersih. 

1. Tips unik di rumah untuk bersihkan toilet dan kamar mandi

tips unik di rumah
photo : pexels

Karena digunakan sangat sering, toilet dan kamar mandi jadi salah satu area di rumah yang kebersihannya harus diperhatikan.

Tips unik di rumah yang bisa Anda coba untuk membersihkan toilet adalah menggunakan cuka, baking soda, campuran perasan air lemon atau minuman bersoda. Caranya tinggal tuang bahan  yang dipilih dan tunggu sejenak, lalu sikat seperti biasa. 

Sementara kalau ingin membersihkan lantai dan dinding kamar mandi dari noda sabun dan sebagainya bisa gunakan campuran cuka, alkohol dan baking soda.

Lalu untuk peralatan kamar mandi yang berkarat, Anda bisa atasi dengan menggunakan air perasan lemon yang sudah dicampur garam, biarkan semalaman, kemudian bilas hingga bersih.

2. Tips unik di rumah untuk membersihkan dapur

tips unik di rumah
photo : pexels

Selain kamar mandi, dapur juga jadi area yang rentan kotor karena digunakan sehari-hari.  

Noda di dapur biasanya berasal dari minyak goreng atau tumpahan bahan memasak lainnya. Jadi kalau dibiarkan terlalu lama tak hanya sekedar terlihat kotor, tapi juga akan menimbulkan aroma tak sedap.

Membersihkan area dapur bisa dengan menaburkan tepung terigu yang menyerap minyak, diamkan sejenak, lalu bersihkan dengan kain lap. 

Untuk noda membandel, gunakan campuran cuka dan tepung jagung yang tinggal digosokkan pada noda, lalu bersihkan menggunakan lap basah.

3. Tips unik di rumah untuk membersihkan lantai

tips unik di rumah
photo : pexels

Lantai juga jadi area yang kerap kotor karena aktivitas sehari-hari, apalagi kalau Anda memiliki anak. 

Mungkin noda tumpahan makanan, minuman atau bahkan bekas coretan anak-anak akan sering ditemui.

Anda bisa terapkan tips unik di rumah menggunakan campuran cuka, lemon dan air untuk mengangkat kotoran dengan mudah. 

Yang menarik, Anda juga bisa menggunakan roti gandum untuk membersihkan noda coretan dan lainnya, bahkan tak hanya membersihkan, bahan ini diyakini bisa mengatasi lecet juga.

Untuk yang lantai rumahnya dari bahan kayu, bisa gunakan air seduhan teh. Caranya dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam teh untuk mengelap kotoran dan debu membandel.

Menggunakan olive oil yang dicampur cuka bisa juga jadi opsi, yang tak sekedar membersihkan lantai kayu tapi juga membuat kayu lebih awet. 

4. Tips unik di rumah untuk bersihkan karpet


tips unik di rumah
photo : google images

Jika area lantai rumah menggunakan karpet, tentu ada tantangan tersendiri untuk membersihkannya.

Apalagi karpet yang dibiarkan kotor terlalu lama, bisa menimbulkan aroma tak sedap yang menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Untuk mengatasi aroma tak sedap, cobalah menaburkan bubuk baking soda di atas permukaan karpet selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner

Yang paling penting adalah tidak menunda membersihkan karpet, karena semakin menumpuk kotoran dan debu, akan semakin sulit dibersihkan.

5. Tips unik di rumah untuk bersihkan sofa

tips unik di rumah
photo : google images

Selain karpet, sofa juga jadi bagian dari dekorasi rumah yang cukup sulit dibersihkan. 

Sama halnya dengan karpet, sofa juga bisa jadi sumber aroma tak sedap jika tidak dibersihkan. 

Dalam hal ini, baking soda bisa pula digunakan dengan ditaburi ke seluruh permukaan sofa dan tunggu lebih kurang 30 menit atau hingga 60 menit, lalu bersihkan taburan baking soda dengan vacuum cleaner.

Atau coba gunakan deterjen yang sudah dilarutkan dengan air bersih, lalu gunakan spons untuk menggosok larutan ini pada sofa. 

Terakhir, bersihkan dengan kain basah untuk menghilangkan sisa sabun, dan keringkan sofa menggunakan kipas, agar sofa terhindar dari bau apek. 


Sudah siap mencoba beberapa tips unik di rumah? Selamat mencoba, ya!

My Instagram